Kamis, 24 Maret 2016

Kisi-Kisi Ujian Sekolah PKN 2015/2016

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016

JENJANG                             : S M P                                                                                               BENTUK SOAL            : PILIHAN GANDA
MATA PELAJARAN          : P K n                                                                                                JUMLAH SOAL            : 50
KURIKULUM ACUAN      : KTSP                                                                                               ALOKASI WAKTU: 90 MENIT


No Urut
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Kompetensi yang diuji
Materi
Indikator
No Soal
1
2
3
4
5
6
1
Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Sikap positif terhadap norma norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara

Pengertian norma
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian norma
1
Arti penting norma dalam kehidupan masyarakat
D Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukan arti penting norma bagi kehidupan masyarakat
2
Norma hokum
Disajikan gambar perilaku norma peserta didik dapat menentukan gambar yang sesuai  dengan norma hukum
3
Sikap positif terhadap peraturan
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap peraturan
4
2
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
Proklamasi Kemerdekaan republik Indonesia
Arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan tiga arti penting proklamasi bagi bangsa Indonesia
5
Hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan hasil siding PPKI tanggal 18 Agustus 1945
6
Sikap setia terhadap proklamasi kemredekaan
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan
7
3
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan HAM
Perlindungan dan Penegakkan HAM
Latar Belakang lahirnya perundangan HAM
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan latar belakang lahirnya perundangan HAM
8
Fungsi Komnas HAM

Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menjelaskan 3 fungsi  Komnas HAM
9
Sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan HAM
Peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan HAM
10



4
Menghargai perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab
Kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab
Pasal 28 UUD Negara RI tahun 1945
Disajikan gambar menyampaikan pendapat dimuka umum, peserta didik dapat menunjukan pasal dalam UUD 1945 yang sesuai gambar tersebut
11
Bentuk-bentuk penyampaian pendapat dimuka umum
Disajikan pernyataan siswa dapat menunjukkan 3 bentuk penyampaikan pendapat dimuka umum
12
Kemerdekaan mengeluarkan pendapat
Disajikan 4 kolom pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan 3 akibat  menyampaikan pendapat yang dilakukan tanpa batas dan tidak bertanggung jawab.
13
5
Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
Perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
Pancasila sebagai dasar negara
Peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukan alasan Pancasila dijadikan dasar Negara Republik Indonesia
14
Nilai Pancasila             
Disajikan gambar orang sedang melakukan kegiatan musyawarah, peserta didik dapat menentukan sila Pancasila yang sesuai dengan gambar tersebut
15
Sikap Positif terhadap Pancasila
Disajikan wacana, peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukan perbuatan yang sesuai dengan nilai salah satu sila Pancasila dalam hidup bermasyarakat
16
Konstitusi Negara Republik Indonesia
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
17
Peseta didik dapat menjelaskan sistem pemerintahan yang digunakan pada masa berlakunya Konstitusi RIS tahun 1949
18
Penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa berlakunya UUD RIS dan UUDS 1950.

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat me menentukan penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa berlakunya konstitusi
19
Hasil dari amandemen terhadap UUD 1945

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan pasal hasil amandemen UUD 1945 dalam bidang pendidikan

20
Sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap positif terhadap hasil amandemen UUD 1945
21
6
Menunjukkan sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
Kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
Tata Urutan Perundang-undangan menurut UU nomor 12 tahun 2011
Disajikan perundang-undangan, peserta didik dapat menentukan tata urutan perundang-undangan menurut UU nomor 12 tahun 2011
22



Lembaga Pemberantasan Korupsi
D       Disajikan pernyataan peserta didik dapat menyebutkan lembaga yang berwenang dalam pemberantasan korupsi di Indonesia
23
Perundangan-undangan tentang pemberantasan tindak pidana korupsi
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan Undang-undang tentang Komisi Pemberantasan orupsi
24
Contoh sikap demokratis  dalam musyawarah
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh sikpa demokratis dalam musyawarah
25



7
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
Pembelaan Negara
Pengertian bela negara
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian bela Negara
26
Pentingnya bela negara
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan pentingnya membela negara Indonesia
27
Bentuk-bentuk usaha pembelaan Negara
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 2 bentuk usaha pembelaan negara
28
Perundang-undangan yang mengatur tentang pertahanan negara
Disajikan pernyataan  peserta didik dapat menunjukkan pasal dalam UUD  1945 yang mengatur tentang pertahanan Negara
29
Komponen pertahanan negara
Disajikan gambar TNI-POLRI, peserta didik dapat menunjukkan komponen pertahanan Negara dari gambar tersebut
30
Peran serta dalam usaha bela negara
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan peran serta pelajar dalam usaha pembelaan negara
31
Sikap terhadap Negara Kesatuan republik Indonesia
Disajikan pernyataan , peseta didik dapat menujukan sikap yang perlu dilakukan terhadap pihak yang ingin menghancurkan NKRI
32
8
Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungannya antara pemerintah pusat dan daerah
Otonomi daerah
Hakekat Otonomi daerah
Peserta didik dapat menjelaskan hakekat otonomi daerah
33
Tujuan Otonomi daerah
Disajaikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan salah satu tujuan otonomi daerah
34
Azas otonomi daerah
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan salah satu azas otonomi daerah
35
Landasan hukum otonomi daerah
Peserta didik dapat menunjukan salah satu landasan hokum otonomi daerah
36
Kewenangan pemerintah daerah dalam otonomi daerah
Disajikan table, peserta didik dapat menentukan 3 kewenangan pemerintah pusat dalam otonomi daerah
37
Kebijakan publik
   Disajikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan dampak tidak adanya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik
38
DPRD
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan fungsi DPRD
39
Pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan perda di daerah
40
9
Menunukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
Dampak Globalisasi
Factor-faktor pendorong globalisasi
Disajikan pernyataan , peserta didik dapat menentukan 3 faktor pendorong globalisasi
41
Manfaat globalisasi bagi bangsa Indonesia
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan 3 manfaat penting globalisasi
42
Pengertian politik luar negeri bebas aktif
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian aktif dalam politik luar negeri Indonesia
43
Bentuk-bentuk kerjasama
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh bentuk kerjasama multilateral
44
Sikap terhadap dampak globalisasi
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan nilai budaya asing yang dapat diambil oleh bangsa Indonesia dalam era globalisasi
45
10
Memahami  prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan kemampuannya
Prestasi diri
Potensi diri
Disajikan pernyataan , peserta didik dapat menyimpulkan pengertian  potensi diri
46
Ciri-ciri orang berprestasi
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menentukan 3 ciri orang yang berprestasi
47
Pentingnya Prestasi diri bagi keunggulan bangsa
Peserta didik dapat menjelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa
48
Mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
Disajikan gambar WNI yang berprestasi, peserta didik dapat menunjukkan 2 WNI yang berprestasi di tingkat dunia
49
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan karakter yang diperlukan untuk mencapai prestasi diri.
50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar