KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2015 – 2016
JENJANG :
S M P BENTUK SOAL
: PILIHAN GANDA
MATA PELAJARAN :
P K n JUMLAH SOAL : 50
KURIKULUM ACUAN : KTSP ALOKASI WAKTU: 90 MENIT
No Urut
|
Standar Kompetensi
Lulusan (SKL)
|
Kompetensi yang
diuji
|
Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
Memahami
dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat
dan peraturan dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Sikap
positif terhadap norma norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
berbangsa dan bernegara
|
Pengertian
norma
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian norma
|
1
|
Arti
penting norma dalam kehidupan masyarakat
|
D Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukan
arti penting norma bagi kehidupan masyarakat
|
2
|
|||
Norma hokum
|
Disajikan
gambar perilaku norma peserta didik dapat menentukan gambar yang sesuai dengan norma hukum
|
3
|
|||
Sikap
positif terhadap peraturan
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap peraturan
|
4
|
|||
2
|
Menjelaskan
makna proklamasi kemerdekaan republik Indonesia sesuai dengan suasana
kebatinan konstitusi pertama
|
Proklamasi
Kemerdekaan republik Indonesia
|
Arti
penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan tiga arti penting proklamasi bagi
bangsa Indonesia
|
5
|
Hasil
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan hasil siding PPKI tanggal 18
Agustus 1945
|
6
|
|||
Sikap
setia terhadap proklamasi kemredekaan
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan sikap setia terhadap proklamasi
kemerdekaan
|
7
|
|||
3
|
Menampilkan
sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan HAM
|
Perlindungan
dan Penegakkan HAM
|
Latar
Belakang lahirnya perundangan HAM
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menentukan latar belakang lahirnya perundangan
HAM
|
8
|
Fungsi
Komnas HAM
|
Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menjelaskan 3
fungsi Komnas HAM
|
9
|
|||
Sikap
positif terhadap perlindungan dan penegakan HAM
|
Peserta
didik dapat menunjukan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan HAM
|
10
|
|||
|
|
|
|||
4
|
Menghargai
perbedaan dan kemerdekaan mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab
|
Kemerdekaan
mengeluarkan pendapat dengan bertanggung jawab
|
Pasal
28 UUD Negara RI tahun 1945
|
Disajikan
gambar menyampaikan pendapat dimuka umum, peserta didik dapat menunjukan
pasal dalam UUD 1945 yang sesuai gambar tersebut
|
11
|
Bentuk-bentuk
penyampaian pendapat dimuka umum
|
Disajikan
pernyataan siswa dapat menunjukkan 3 bentuk penyampaikan pendapat dimuka umum
|
12
|
|||
Kemerdekaan
mengeluarkan pendapat
|
Disajikan
4 kolom pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan 3 akibat menyampaikan pendapat yang dilakukan tanpa
batas dan tidak bertanggung jawab.
|
13
|
|||
5
|
Menampilkan
perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
|
Perilaku
yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945
|
Pancasila
sebagai dasar negara
|
Peserta
didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukan alasan Pancasila
dijadikan dasar Negara Republik Indonesia
|
14
|
Nilai
Pancasila
|
Disajikan
gambar orang sedang melakukan kegiatan musyawarah, peserta didik dapat
menentukan sila Pancasila yang sesuai dengan gambar tersebut
|
15
|
|||
Sikap
Positif terhadap Pancasila
|
Disajikan
wacana, peserta didik dapat menentukan pilihan pernyataan yang menunjukan
perbuatan yang sesuai dengan nilai salah satu sila Pancasila dalam hidup
bermasyarakat
|
16
|
|||
Konstitusi
Negara Republik Indonesia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 konstitusi yang pernah berlaku
di Indonesia
|
17
|
|||
Peseta
didik dapat menjelaskan sistem pemerintahan yang digunakan pada masa
berlakunya Konstitusi RIS tahun 1949
|
18
|
||||
Penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa berlakunya UUD
RIS dan UUDS 1950.
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat me menentukan
penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada masa berlakunya konstitusi
|
19
|
|||
Hasil dari amandemen terhadap UUD 1945
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan
pasal hasil amandemen UUD 1945 dalam bidang pendidikan
|
20
|
|||
Sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil
amandemen
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap positif terhadap
hasil amandemen UUD 1945
|
21
|
|||
6
|
Menunjukkan
sikap positif terhadap kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
|
Kehidupan
demokrasi dan kedaulatan rakyat
|
Tata
Urutan Perundang-undangan menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
Disajikan
perundang-undangan, peserta didik dapat menentukan tata urutan
perundang-undangan menurut UU nomor 12 tahun 2011
|
22
|
|
|
|
|||
Lembaga
Pemberantasan Korupsi
|
D Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menyebutkan lembaga yang berwenang dalam
pemberantasan korupsi di Indonesia
|
23
|
|||
Perundangan-undangan
tentang pemberantasan tindak pidana korupsi
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan Undang-undang tentang Komisi
Pemberantasan orupsi
|
24
|
|||
Contoh
sikap demokratis dalam musyawarah
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh sikpa demokratis dalam
musyawarah
|
25
|
|||
|
|
|
|||
7
|
Menampilkan
partisipasi dalam usaha pembelaan negara
|
Pembelaan
Negara
|
Pengertian
bela negara
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian bela Negara
|
26
|
Pentingnya
bela negara
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan pentingnya membela negara
Indonesia
|
27
|
|||
Bentuk-bentuk
usaha pembelaan Negara
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 2 bentuk usaha pembelaan negara
|
28
|
|||
Perundang-undangan
yang mengatur tentang pertahanan negara
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat
menunjukkan pasal dalam UUD 1945 yang mengatur
tentang pertahanan Negara
|
29
|
|||
Komponen
pertahanan negara
|
Disajikan
gambar TNI-POLRI, peserta didik dapat menunjukkan komponen pertahanan Negara
dari gambar tersebut
|
30
|
|||
Peran
serta dalam usaha bela negara
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan peran serta pelajar dalam usaha
pembelaan negara
|
31
|
|||
Sikap
terhadap Negara Kesatuan republik Indonesia
|
Disajikan
pernyataan , peseta didik dapat menujukan sikap yang perlu dilakukan terhadap
pihak yang ingin menghancurkan NKRI
|
32
|
|||
8
|
Menjelaskan
makna otonomi daerah, dan hubungannya antara pemerintah pusat dan daerah
|
Otonomi
daerah
|
Hakekat
Otonomi daerah
|
Peserta
didik dapat menjelaskan hakekat otonomi daerah
|
33
|
Tujuan
Otonomi daerah
|
Disajaikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan salah satu tujuan otonomi daerah
|
34
|
|||
Azas
otonomi daerah
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan salah satu azas otonomi daerah
|
35
|
|||
Landasan
hukum otonomi daerah
|
Peserta
didik dapat menunjukan salah satu landasan hokum otonomi daerah
|
36
|
|||
Kewenangan
pemerintah daerah dalam otonomi daerah
|
Disajikan
table, peserta didik dapat menentukan 3 kewenangan pemerintah pusat dalam
otonomi daerah
|
37
|
|||
Kebijakan
publik
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat
menjelaskan dampak tidak adanya partisipasi masyarakat dalam perumusan
kebijakan publik
|
38
|
|||
DPRD
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan fungsi DPRD
|
39
|
|||
Pentingnya
partisipasi masyarakat dalam merumuskan kebijakan publik di daerah
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam merumuskan
perda di daerah
|
40
|
|||
9
|
Menunukkan
sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
|
Dampak
Globalisasi
|
Factor-faktor
pendorong globalisasi
|
Disajikan
pernyataan , peserta didik dapat menentukan 3 faktor pendorong globalisasi
|
41
|
Manfaat
globalisasi bagi bangsa Indonesia
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menentukan 3 manfaat penting globalisasi
|
42
|
|||
Pengertian
politik luar negeri bebas aktif
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian aktif dalam politik luar negeri Indonesia
|
43
|
|||
Bentuk-bentuk
kerjasama
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh bentuk kerjasama multilateral
|
44
|
|||
Sikap
terhadap dampak globalisasi
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menunjukan nilai budaya asing yang dapat
diambil oleh bangsa Indonesia dalam era globalisasi
|
45
|
|||
10
|
Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai
dengan kemampuannya
|
Prestasi
diri
|
Potensi
diri
|
Disajikan pernyataan
, peserta didik dapat menyimpulkan pengertian potensi diri
|
46
|
Ciri-ciri orang berprestasi
|
Disajikan pernyataan
peserta didik dapat menentukan 3 ciri orang yang berprestasi
|
47
|
|||
Pentingnya Prestasi diri bagi keunggulan bangsa
|
Peserta didik dapat
menjelaskan arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa
|
48
|
|||
Mewujudkan
prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
|
Disajikan
gambar WNI yang berprestasi, peserta didik dapat menunjukkan 2 WNI yang
berprestasi di tingkat dunia
|
49
|
|||
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan karakter yang diperlukan untuk
mencapai prestasi diri.
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar